Google
 

Rabu, 30 April 2008

Biarlah pohon berkisah

Beringin si SherlyKita sering melihat ada tulisan yang ditorehkan di kulit pohon besar di tengah taman, tepi hutan wisata, atau di pinggir jalan dekat perhentian bus kota. Tulisan itu ingin menyampaikan perasaan cinta dari seorang cowok ke seorang cewek, misalnya "Sherly, I love you!" Kadang-kadang di pohon yang sama juga sudah terpahat jawabannya, "Toni, I love you too!"

Si pemahat ingin membuat kenangan. Dia ingin pohon itu menjadi semacam prasasti hidup, supaya kelak suatu saat bisa didatanginya kembali. Dia pikir, pohon ini pernah menjadi saksi bisu cintanya terhadap sang kekasih. Seolah-olah suatu saat pohon ini akan berkisah lagi tentang kenangan-kenangan indah bersama si dia. Bisa saja itu terjadi, kecuali kalau si pohon keburu ditebang karena pelebaran jalan atau keperluan lain! Jika demikian, sia-sialah prasasti yang telah dibuatnya. Kasihan deh...

Sebatang pohon memang bisa menjadi tanda bersejarah. Ia bisa membantu kita untuk mengenang sebuah peristiwa. Seringkali itu peristiwa penting, mengesankan, atau sangat bermakna dalam hidup kita. Pemerintah pun kadang memakai pohon untuk menandai dimulainya suatu ajakan tertentu, misalnya mengajak masyarakat menanam sebatang pohon di pekarangannya tepat pada perayaan Hari Bumi (Earth Day) yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Aku pun baru saja melakukan hal yang sama. Pada hari kelahiran anak pertama adikku aku menanam pohon beringin. Kebetulan di bibir parit teras ruangan tempat adikku dirawat tumbuh tunas beringin liar. Tunas itu aku cabut dan aku bawa pulang. Sekarang dia tumbuh subur terawat di dalam pot. Suatu saat kelak pohon beringin itu akan menjadi cerita untuk keponakanku yang lahir Minggu, 30 Maret 2008 lalu. Pasti beringin itu akan menjadi hadiah istimewa untuknya.

Tanamlah sebuah pohon atau tanaman tertentu untuk hari-hari istimewamu: ulang tahunmu, hari kelulusanmu, atau hari jadianmu dengan si dia! Daripada membuat kenangan dengan merusak lingkungan, kan lebih baik dengan memelihara dan merawat sesuatu yang pasti lebih berkesan dan pasti bermanfaat. [skd]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar