Google
 

Jumat, 04 April 2008

Pengantar Blog

Mari berkebun, Nak!

"AyoBerkebun" adalah salah satu situs blog saya yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja. Artikel-artikel yang disajikan ingin mengajak mereka untuk menyadari betapa mengasyikkan dan bermanfaatnya kegiatan berkebun itu. Selain sebagai salah satu hobby di antara sekian kegemaran anak-anak dan remaja, berkebun bisa menjadi media untuk belajar mengenali dan melestarikan alam - learning by doing, bahkan sambil bermain. Selain itu kegiatan ini pun bisa memberi pengalaman edukatif yang bernilai seperti kemandirian, ketekunan, kesabaran, ketelitian, bahkan nilai-nilai sosial, moral dan spiritual religius. Kegiatan berkebun dapat memberikan ruang untuk pendidikan sikap bagi anak-anak kita.

Dunia berkebun bagi anak-anak dan remaja Indonesia sepertinya belum begitu populer dan kurang diperhatikan. Senasib dengan masih sedikitnya situs anak (dan remaja) di Indonesia dengan bahasa yang sederhana, begitu pula situs yang mengeksplorasi dunia gardening untuk anak-anak. Padahal kalau kita browsing di internet, ada banyak situs luar negeri yang secara khusus mengembangkan niche yang satu ini secara serius. Di sana kebun bisa menjadi "ruang kelas" yang mengasyikkan bagi mereka. Di kebun anak-anak belajar tentang dunia ilmu pengetahuan, dunia perekonomian, dunia sosial (interaksi sosial), dunia keindahan, dan dunia sikap perilaku. Singkatnya, dunia perkebunan sudah diperkenalkan semenjak dini sebagai sebuah medan hidup yang menggairahkan dan menjanjikan. Oleh pengelolaan dan perhatian seperti itu menjadi seorang petani atau gardener adalah suatu alternatif yang tidak "memalukan". Martabat seorang petani menjadi terangkat dan membanggakan. Menjadi seorang pengusaha agrobisnis profesional dapat tampil sebagai salah satu dari sekian banyak daftar cita-cita yang ingin diraih oleh seorang anak. Bagaimana dengan anak-anak Indonesia?

Melalui blog ini saya ingin menyampaikan catatan-catatan atau ide-ide dari pengalaman pribadi yang bermanfaat dari kegiatan hobby saya berkebun selama ini. Saya juga ingin membagikan hasil pencarian atas sumber-sumber pengetahuan dan informasi yang bersangkutan baik dari dunia internet maupun dari buku-buku terbitan.

"AyoBerkebun" ingin berpartisipasi dalam memperkenalkan dunia kebun ini, dunia yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat kita. Tak kenal maka tak sayang. Agar anak-anak bisa menyayangi dunia kebun ini, maka mari kita memperkenalkannya dengan segala keindahan dan kegembiraannya kepada mereka. Semoga bermanfaat. [skd]

1 komentar:

  1. wow, getol sekali tuh anak di foto menanam sayur nya mas

    bravo berkebun
    salam kenal

    BalasHapus