Google
 

Rabu, 18 Juni 2008

"Horta!" Rumput pun bisa bercerita!

"Mungkin Tuhan mulai bosan
melihat tingkah kita
yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa.
Atau alam mulai enggan
bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya
pada rumput yang bergoyang."


Horta Penggalan syair lagu Ebiet G Ade "Berita kepada kawan" itu barangkali akan menjadi populer lagi. Apalagi bila si tumbuhan lembut bak permadani nan hijau itu terpajang di meja belajar atau di ruang tamu. Setiap saat kalian bisa "bercanda" dengannya, karena bentuknya lucu dan menggemaskan bak boneka wool yang biasa menjadi teman di tempat tidur.

Pasalnya sekarang telah hadir boneka-boneka imut nan lucu dari bahan serbuk gergaji yang dibungkus stocking bekas. Di bagian kepalanya tumbuh rumput hijau yang bisa dipotong layaknya rambut. Perhatikanlah gambar di samping ini! Itulah gambar boneka "Rumput Hidup" Horta (singkatan dari "hortikultura").

Adalah Asep Rodiansah dan kawan-kawan yang menciptakan boneka-boneka itu. Anak-anak muda lulusan IPB (Institut Pertanian Bogor) itu ingin memperkenalkan dunia hortikultura kepada anak-anak. Dipilihlah boneka sebagai sarana, karena anak-anak akrab dengan mainan seperti itu. Mereka bisa bermain sekaligus belajar mengenali dunia tanaman. Tak akan sulitlah memasukkan pesan-pesan pendidikan lingkungan bila si anak telah menyenanginya terlebih dahulu. Sungguh, sebuah kreativitas dari ide yang cerdas dan patut diacungi jempol.

Siapa menyusul dengan ide-ide kreatif seperti itu dari dunia kebun untuk lingkungan hidup kita? [skd]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar